Program Kerja TPAKD

1. Pembuatan dan pemeliharaan website TPAKD Kota Tasikmalaya

Penyediaan informasi bagi masyarakat terkait berbagai program kerja TPAKD tentunya sangat diperlukan agar masyarakat dapat mengetahui alternatif program yang sesuai dengan kebutuhan keuangan keluarga. Penyediaan informasi dalam website berfokus pada program kerja TPAKD Kota Tasikmalaya. Masyarakat dapat mengetahui update informasi secara berkala di kanal berita dalam website TPAKD Kota Tasikmalaya dan sebagai media informasi dari para pemangku kepentingan.

2. Pelaksanaan business matching dengan focus pada Pemulihan Ekonomi Daerah Pasca Pandemi COVID-19

Business Matching merupakan bentuk kegiatan fasilitasi dan intermediasi penyaluran kredit kepada UMKM. Salah satu tujuan diselenggarakannya Business Matching adalah untuk mendorong peningkatan kesejahteraan dan perekonomian di daerah melalui pengembangan bisnis UMKM. Dalam pelaksanaannya, terdapat fokus tema untuk kegiatan Business Matching setiap tahunnya, untuk tahun 2021 fokus pada pemulihan perekonomian daerah pasca pandemi COVID-19. Program ini merupakan program berkelanjutan dari program wirausaha tangguh dan mandiri (wiratama) yang direalisasikan sebagai program kerja TPAKD Kota Tasikmalaya Tahun 2020, berupa memberikan pendampingan teknis kepada para UMKM dengan pendekatan “case by case” sehingga permasalahan dan solusi dapat dianalisa sesuai kebutuhan dari wirausaha pemula tersebut. Dengan pendekatan tersebut diharapkan secara bertahap wirausaha ini akan tumbuh dan berkembang menjadi suatu entitas bisnis yang mandiri dan tangguh. Tujuannya adalah agar seiring pertumbuhan usaha ini akan meningkatkan kesadaran dan peningkatan literasi keuangan di kalangan dunia usaha. Adapun hasil yang diharapkan dari program inkubasi dan pendampingan ini adalah: • Para Wirausaha pemula akan memiliki wawasan tentang tata kelola usaha yang baik serta aplikatif sesuai dengan karakteristik usaha yang mereka tekuni. Sehingga diharapkan secara bertahap akan “mendongkrak” usaha mereka dapat tumbuh dan berkembang. • Melahirkan Wirausaha yang memiliki kompetensi serta berkarakter sehingga mampu membangun usaha yang tangguh dan mandiri. • Mendorong kesadaran dan peningkatan atas aplikasi literasi keuangan secara bijak dalam pegembangan usaha agar entitas usaha yang dikelola dapat tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan.

3. Pengembangan agen Laku Pandai melalui program 1 desa 1 agen Laku Pandai.

Untuk memperluas titik akses layanan keuangan, maka akan dilakukan upaya penyediaan minimal 1 agen Laku Pandai untuk setiap desa/kelurahan. Melalui program ini diharapkan jumlah titik akses keuangan melalui agen Laku Pandai akan semakin meningkat. Sehingga seluruh masyarakat, khususnya yang berada di wilayah yang selama ini sulit untuk mendapatkan layanan keuangan, pada akhirnya dapat menikmati layanan keuangan dengan mudah dan aman.

4. Penyusunan dan penerbitan kebijakan/regulasi Pimpinan Daerah untuk mendorong pelaksanaan program kerja nasional, yaitu program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar)

Program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) sebagai upaya mengajak generasi milenial gemar menabung serta sebagai upaya meningkatkan literasi keuangan dan mempersiapkan masa depan sejak dini. Dengan adanya kebijakan dari Pimpinan Daerah diharapkan dapat mendorong para pelajar di Kota Tasikmalaya untuk membuka rekening tabungan pelajar di perbankan.